Jumat, 04 Februari 2011

Wakatobi

sumber WWF

Wakatobi diresmikan sebagai taman nasional di tahun 1996. Nama Wakatobi, merupakan akronim nama empat pulau besar di kepulauan di tenggara Sulawesi tersebut, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, yang menjadi sebuah atraksi menarik taman nasional dengan total area 1,39 juta ha itu.

Menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang, Wakatobi menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Disamping itu, Wakatobi juga merupakan bagian terpenting dalam sebuah jaringan saling memenuhi dari Kawasan Perlindungan Laut sepanjang pesisir Tenggara Sulawesi.


Sejak akhir tahun 2002, WWF sudah berkolaborasi dalam suatu bentuk kemitraan dengan The Nature Conservancy (TNC)  untuk membantu pengelola TN Wakatobi untuk memperbaiki rencana pengelolaannya, zonasi dan penerapan pengelolaan kawasan.

Diharapkan, kerjasama ini akan membantu taman nasional Wakatobi menerapkan strategi pengelolaan terbaik berbasis informasi lengkap dan realita sosial ekonomi lokal. Kerjasama ini akan mencakup pembangunan struktur pengelolaan kolaboratif, rancangan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, mata pencaharian alternatif, modul pengelolaan seperti penjangkauan dan kepedulian, pengamatan, penelitian dan pembuatan zonasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar