Rabu, 09 Februari 2011

Meningkatkan Minat Baca Warga Pesisir Wakatobi Perpustakaan Terapung Siap Jangka Kaledupa, Tomia dan Binongko

KM.Pustaka 3 di Kabupaten Bintan.(Istimewa)
WANGIWANGI,  - Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara kembali mendapat bantuan perpustakaan keliling berupa speedboat berkapasitas 2.500 eksemplar buku bacaan. Speed boat perpustakaan (perpustakaan terapung) itu, ditargetkan dapat menjangkau warga yang berdomisili di pesisir pantai di empat pulau di Wakatobi.

“Kita sangat berterima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI utamanya pemerintah pusat yang telah percaya kepada kami di Wakatobi untuk memberikan fasilitas ini. Kita sangat senang karena, kita di daerah tidak mengeluarkan dana sedikitpun," ungkap Kepala Kantor Perpusda PDEA Kabupaten Wakatobi, La Mego R, SE.

Lanjut La Mego, Kabupaten Wakatobi juga sebelumnya telah mendapat bantuan mobil perpustakaan untuk menjangkau pembaca di pelosok desa. Untuk Sulawasi Tenggara, hanya Kabupaten Wakatobi yang mendapat bantuan perpustakaan terapung.

Secara geografis, Kabupaten Wakatobi Merupakan pesisir dan kepulauan. Yakni Pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Pulau Binongko (Wakatobi). Dalam prgram penjadwalan akan dilakukan secara periodeik dan termanajemen.

Untuk biaya operasional tahun 2011, pihaknya mengajukan sebesar Rp 200 juta. Namun terealisasi Rp 100 juta. "Tidak apa-apa, karena tahun ini kita masih ujicoba," katanya.(tom)

Editor: Yuhandri Hardiman
Sumber baubaupos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar