Kamis, 03 Februari 2011

Pilkada Wakatobi (Sultra) Sepi Atribut Calon



Sumber KENDARINEWS (Wangi-wangi) -- Pemilukada di Sultra lazimnya selalu ramai oleh atribit-atribut calon-calon kepala daerah yang punya niat untuk merebut posisi kekuasan tertinggi di daerah itu. Tapi pemandangan seperti itu tak ditemui di Wakatobi saat ini. Kemeriahan atribut, baik calon maupun parpol terasa sangat kurang. Meski begitu, para elite politik daerah itu menyebut itu karena kesadaran politik masyarakat yang cukup tinggi.
Kurang panasnya nuansa politik jelang Pemilukada di wilayah itu disebut-sebut tidak terlepas peran para elite politik saling memahami dan selalu membangun komunikasi untuk melahirkan kondisi politik yang elegan dengan mengedepankan pembalajaran kepada konstituen mengenai cara berpolitik santun. “Saya kira ini suasana yang normatif,” kata  Ketua DPC Partai Demokrat Wakatobi, Subardin Bau.
    
Menurutnya, ini karena tingkat kecerdasan masyarakat dalam memaknai kondisi politik di Wakatobi sangat tinggi, sehingga memberi sumbangan besar terhadap tatanan perpolitikan yang baik dan santun. Selain itu, juga karena elite Wakatobi sudah cukup baik dalam memberikan pemahaman pada masyarakat, mengenai pentingnya berpolitik yang baik dan santun, karena sesungguhnya, politik itu bukan mencari kemudaratan, tetapi bagaimana mencari formula yang baik, agar semua orang mendapatkan perubahan yang sangat baik.
    
Lebih jauh diterangkan, politik tidak perlu diributkan. Dan itu yang terpenting, jadi untuk menciptakannya, disinilah peran para elit, seperti pemerintah daerah, ketua-ketua partai, anggota DPRD dan semua pihak, demi kepentingan Wakatobi ke arah yang lebih baik. “Selama ini, kami antar elit partai selalu komunikasi untuk melahirkan kondisi politik yang elegan dan kondusif. Meski berbeda ideology, tapi sesungguhnya kita ini semua saudara. Jadi tidak ada alasan, jika kondisi politik Wakatobi tidak kondusif,” pungkasnya. (cr1)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar