Rabu, 02 Februari 2011

Harga Tiket Ekspres Air Melonjak Tinggi

ISTIMEWA
WAKATOBI, baubaupos.com - Berakhirnya kontrak subsidi Pemda Wakatobi terhadap perusahaan penerbangan Ekspres Air yang melayani penerbangan di Wakatobi-Kendari-Baubau, berdampak pada melonjaknya harga tiket penerbangan Ekpres Air di Wakatobi. Selain itu, aktifitas penerbangan juga tidak dijadwalkan setiap hari.

Anggota DPRD Wakatobi, Sutomo Hadi mengatakan saat ini subsidi untuk penerbangan Ekspres Air sudah ditiadakan, sehingga lonjakan harga tiket terjadi. Pada kenyataannya hingga saat ini maskapai penerbangan yang beroperasi di Wakatobi sudah bersifat komersil.

“Tentunya tiket pesawat dengan harga sepert saat ini, hanya bisa dijangkau oleh kelompok masyarakat tertentu," ujarnya.
Kata dia, khusus rute Wakatobi-Baubau yang semula harga tiketnya berkisar antara Rp 200 sampai 350 ribu, menjadi Rp 400 hingga 450 ribu. Sedang rute Wakatobi-Kendari, semula hanya Rp 499 ribu, sekarang mencapai Rp 600 hingga 700 ribu.

Lonjakan harga tiket, lanjutnya, juga terjadi karena maskapai penerbangan yang ada hanya satu. Sehingga terkesan monopoli. Begitu juga jika terjadi pembatalan keberangkatan atau ketinggalan pesawat maka tiket dianggap hangus.

"Kalau penerbangan lain jika ada keberangkatan batal kita bisa bayar setengah dari harga tiket yang kita beli,” ujarnya.

Berbeda jauh di saat Pemda Wakatobi masih memberikan susidi, jadwal penerbangan dengan rute Wakatobi-Kendari dijadwalkan setiap hari. Sekarang tinggal dua hari yakni Kamis dan Sabtu. Untuk rute Wakatobi-Baubau masih dijadwalkan setiap hari. (tom)

Editor : La Ode Aswarlin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar