Sabtu, 26 Februari 2011

Marcel Kecewa dengan Wakatobi

Marcel Siahaan/ISTIMEWA
WANGIWANGI, - Kabar keindahan laut Wakatobi membuat penasaran banyak orang. Namun ketika datang menyaksikan sendiri, acapkali mengecewakan.

Artis ibukota, Marcel Siahaan misalnya. Dia merasa prihatin masih banyak fasilitas pariwisata yang harus diperbaiki. "Selama ini Wakatobi di pemikiranorang memang luar biasa, boleh dikatakan "wah". Namun kenyataannya Wakatobi tidaklah seperti yang ada di dalam pemikiran banyak orang," katanya kepada baubaupos.com.


Keindahan gugusan pulau-pulau di Wakatobi kata Marcel, mestinya jangan terlalu dipolitisir dengan memanfaatkan sumber daya alamnya. Membisniskan Wakatobi tanpa mengimbanginya dengan peningkatan sumberdaya manusia dan perbaikan infrastruktur, tentunya akan terjadi ketidak seimbangan.

Marcel mengakui bahwa alam Wakatobi telah dikaruniai oleh Tuhan dengan sangat indah, dan tentunya tidak ada samanya dengan di daerah lain. Namun berkali-kali ia menekan bahwa infrastruktur juga penting kalau Wakatobi mau dijadikan daerah wisata.

“Tidak semua kekayaan alam ini dimanfaatkan secara profit, berpikir bisnis dan kapital, karena masih ada hal-hal yang mesti dipikirkan lebih spesifik yakni bagaimana manusia-manusia di sini supaya menyayangi alamnya. Jangan terlalu berpikir keluar, kalau yang di dalam saja belum beres,” ucapnya lagi.

Lanjutnya, apabila potensi alam di Wakatobi dikelola untuk meraih keuntungan besar dengan cara membisniskannya, dengan tanpa memikirkan manusia-manusia di dalamnya dan tanpa harus infrastruktur yang memadai. Maka, sama saja membisniskan Tuhan, karena ini adalah ciptaanNya.

“Kita hanya diberi waktu untuk menjaganya, diberi tanggung jawab untuk dikelola sebaik-baiknya agar dapat mensejahterakan masyarakatnya. Hal itu penting, pasalnya tanpa itu, maka potensi alam yang dimilikinya akan tersia-siakan tanpa ada manfaatnya terhadap manusia yang menghuni daerah itu,” tutupnya.(Tomi)
sumber baubaupos.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar