Sabtu, 12 Februari 2011

Polri Kerahkan Kapal Amankan Pemilu Kada Wakatobi

Ilustrasi
Kendari, (tvOne)
Mabes Polri mengerahkan satu unit kapal dari Direktorat Polairud untuk mendukung pengamanan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Fahrurozzi di Kendari, Jumat (11/2), mengatakan, pengamanan pemilihan kepala daerah Wakatobi, 23 Maret 2011 membutuhkan dukungan sarana kapal karena wilayah perairan. "Tantangan pengamanan pemilihan kepala daerah Wakatobi yang terdiri atas empat pulau besar yakni Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko mendapat perhatian serius dari pimpinan Polri," kata Fahrurozzi.

Kondisi geografis Wakatobi yang wilayahnya 97 persen adalah perairan hanya merupakan tantangan, tetapi tidak akan melunturkan komitmen kepolisian menyukseskan pesta demokrasi yang akan diikuti enam pasangan calon bupati dan wakil bupati. "Pejabat Polda Sultra telah mengarahkan jajaran Polres Wakatobi untuk memetakan kondisi Kamtibmas sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang mengganggu jalannya penyaluran hak pilih bagi 78.160 warga Wakatobi," katanya.

Kepolisian mengimbau enam kontestan pilkada berebut kesempatan memimpin daerah otonom yang baru berusia tujuh tahun tersebut agar memberikan pendidikan politik yang benar kepada masyarakat. "Stabilitas tidak hanya menjadi tanggungjawab aparat kepolisian tetapi milik seluruh elemen masyarakat sehingga harus dijaga secara bersama-sama," kata Fahrurozzi.

Enam pasangan calon bupati dan wakil bupati Wakatobi periode 2011-2016 adalah Ediarto Rusmin (wakil bupati Wakatobi)-Laode Hasimin yang diusung Partai Demokrat, Partai Bintang Reformasi, Hanura dan PKS. Laode Bawangi-Laode Bahasani yang dicalonkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan sejumlah partai koalisi.

Pasangan Hugua (bupati Wakatobi)-Arhawi Ruda didukung PDIP, PAN, PBN dan PKB. Sedangkan PPD, PPNUI dan PPDI menjagokan pasangan Aslaman Sadik-Andi Hasan.

Partai Kedaulatan bersama 13 partai pendukung mengusung pasangan Prof La Onu La Ola-Laode Boa Sardiman. Pasangan Laode Sudil Baenu-Halimudin Adam siap bersaing merebut kursi buputi Wakatobi yang mengandalkan potensi wisata laut tersebut melalui jalur perorangan. (Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar